October 24, 2010

REPOST: Case Study - Salah Baca, Salah Mengerti atau Buru-buru Asal Njeplak?

Hehehe..... ini kasus unik, sebelumnya saya sudah ngepost 'case study' yang satu ini, tapi tiba-tiba saja menghilang dari peredaran ketika ada beberapa respon yang sedang saya jawab. Di inbox masih ada terbaca judulnya, tapai gak bisa diakses: kalau diakses, mesin-nya bilang NOT FOUND. Di daftar blog entry di 'rumah' saya juga gak ada jejaknya, menghilang begitu saja.

Unik sekali ya?

Sorry, saya repost di bawah ini ajah ya:




Ceritanya ada satu temen MP yang ngeluh di blog MP-nya soal ibu-ibu yang merasa 'hebat' - merasa lebih baik dari ibu-ibu lain, semata karena mereka (yang merasa hebat) bisa memberikan ASI Eksklusip kepada anak-anak aka bayi-bayi mereka. Dan, memandang rendah mereka yang tidak (mau dan tidak bisa) memberikan ASI kepada bayi-bayinya.

Jadi, saya kasih komentar begini (bahan-bahan hasil saya baca-baca di i-net):

Saya gak pernah kasih ASI ke anak-anak saya, lha, jelas sekali dan gamblang: saya bukan ibu-nya anak-anak saya sih, jeh! ;D)

Tapi, kalau gak salah, secara alami semua mahluk yang menyusui (termasuk manusia dan hewan) akan secara alami memproduksi ASI buat anak-anaknya begitu mereka melahirkan anak-anaknya. Dan, katanya lagi, kalau tidak bisa (bukan tidak mau) memproduksi ASI (lagi), berarti memang tidak diperlukan lagi ASI bagi anak-anaknya ya?

Itu yang kalau gak salah disebut sebagai 'menyapih' anak-anaknya.

Dan, katanya sih mulainya masa menyapih (tidak perlu diberi ASI lagi) itu tidak sama antara satu anak dengan anak lainnya - sangat individuil dan unik, tidak ada batasan anak disusui mesti sekian bulan, sekian tahun - yang 'menyesatkan' itu konsep ASI EKSKLUSIP yang katanya mesti minimal 12 bulan, padahal tiap pribadi ibu itu unik, tidak bisa disamaratakan semuanya mesti menyusui anak-anaknya selama 12 bulan. Perhatikan hewan menyusui anak-anaknya juga akan berhenti pada masanya, anak-anaknya akan di'usir' kalau masih saja terus minta menyusu kepada induknya.

Satu lagi salah kaprah: anak mesti dikasih susu sapi sebagai tambahan (baik segar maupun kalengan - bubuk), susu sapi memang sangat baik bagi anak-anak..... sapi! Anak orang ya gak usah dikasih susu sapi. Banyak yang pikirannya sudah dirasuki kampanye produsen susu sapi yang tentu saja selalu menganjurkan orang mengkonsumsi produknya - dari situlah mereka mendapat keuntungan besar.

Perhatikan: susu sapi dipacu lebih banyak diproduksi oleh 'pabrik'nya - induk sapi, dengan cara diberi hormon pertumbuhan tambahan, akibatnya, hormon tsb ikut larut dalam air susu sapi, yang kemudian masuk ke dalam tubuh anak-anak orang. Akibatnya, anak-anak orang jadi dipacu juga pertumbuhannya oleh hormon pertumbuhan yang diberikan kepada ibu, eh, induk sapi.

Makanya jangan heran kalau anak-anak manusia yang perempuan dan lelaki pada keluar tetek-nya pada umur yang relatip masih muda, sekitar 10 tahunan - coba cek ajah sendiri ya.

Yang dicari dari susu sapi untuk anak-anak itu apa? Kalsium dan protein dan lemak? Semuanya bisa diperoleh dari bahan makanan lain. Kalsium banyak juga terdapat di dalam kekacangan dan sesayuran, lemak dan protein juga bisa dicari di makanan lain. Sila cari sendiri ajah di i-net ya.

Sorry. Jadi panjang kayak posting sendiri ajah, jeh!

Lalu, ada seseorang entah siapa (ada nama tanpa headshot) yang kasih komentar sesudah komentar saya, entah ditujukan kepada siapa dia kasih komentarnya, saya ndak begitu yakin apakah itu ditujukan kepada komentar saya atau bukan.

Isinya begini:

pak.... maksudnya apa ya....???? yang jelas yg bisa ngerasain cuma para ibu....n saya yakin sekali para ibu di sini berarti yg udah usaha banget, tapi gak bisa....soalnya kalo gak usaha, pasti mereka ga pada sedih.....so....jangan disalahin lagi n diomongin lagi ya....

Pertanyaannya: coba anda baca komentar saya di atas, lalu anda simak, apakah ada nada ofensip kepada para ibu yang tidak bisa menyusui di dalam komentar saya, sehingga komentar seseorang itu (kalau benar ditujukan kepada komentar saya) sepertinya menganggap saya sudah ofensip kepada mereka.

Sila kasih komentar ya!

Terima kasih.





PS: Gambar diambil dari MS Office ClipArt Media file.

IT'S WORLD TIME: