June 01, 2010

Semua Orang Tionghua Kaya, Tah?

Masih dalam seminar "Peranan Komunikasi Etnik Tionghoa Bagi Pembentukan Kesadaran Kebangsaan" di Bandung itu, ada satu mahasisiwi(?) yang hadir membuat pernyataan yang cukup menggelitik, katanya orang Tionghua cenderung maunya eksklusip, gak gaul, karena mereka kaya.

Semua orang Tionghua mestilah kaya. Benarkah?

Rasanya sang mahasiswi tsb. mesti diajak ke Tangerang, melihat para Tionghua Benteng, atau Cinbeng - Cina Benteng, dalam kehidupan mereka sehari-hari. Di kawasan Sewan dan sebagian daerah 'udik' kawasan Tangerang, misalnya, mereka adalah 'pribumi' - sebab leluhur mereka sudah mukim di sana selama puluhan tahun, atau bahkan sudah ratusan tahun(?).

Warna kulit mereka sawo matang, Hitachi - Hitam Tapi China, dan sebagian besar dari mereka aslinya menjadi petani atau buruh tani. Rumah mereka sangat sederhana, lantainya masih tanah. Dan, banyak di antara mereka yang miskin, jeh!

Atau sesekali kunjungi Medan di pinggirannya, atau Pontianak. Di sana orang Tionghua cukup dominan, sampai-sampai basa mereka, dialek Hok-kian di Medan dan Tio-ciu di Pontianak, dipakai sebagai basa pengantar sehari-hari oleh kebanyakan warganya. Kalau anda seorang Tionghua dan tidak bisa berbasa dialek mereka, anda pastilah dibilang bukan orang Tionghua. Sila baca ceritanya di sini.

Profesi mereka juga berragam, ada yang bahkan menjadi tukang becak (baik kayuh maupun motor), kuli di pasar, bahkan babu di rumah-rumah orang kaya atau buruh cuci pakaian dan buruh kasar di perkebunan.

Jadi, benarkah orang Tionghua itu kaya semua dan maunya eksklusip?

Rasanya ya ndak juga. Kalau soal eksklusip, siapa tah yang tak suka mendapat perlakuan khusus, gak usah antri ketika check in di bandara, duduk di sofa empuk dan wangi tanpa asap rokok di lounge eksekutip, dapat fresh orange dengan kursi lega di pesawat? Berangkatnya di antar limo panjang dengan supir berdasi? Kalau anda punya kekuatan dan uang, mestinya anda juga suka 'kan?

Saya juga suka, bukan karena saya Tionghua, jeh!

IT'S WORLD TIME: