June 08, 2010

Batere Kamera Merek Compatible.

Paling sebel kalau lagi motrek, batere-ne enthek. Dari pade kesel jadi melethek dhewek, mending juga beli batere baru untuk cadangan, jeh!

Jadi saya ke toko kamera tanpa nama di lantai dasar di ITC Permata Hijau. Sepertinya ITC itu di mana-mana bikin pusat pertokoan, ya gak bisa elite ya. Entah mengapa. Memang sudah dari sononya mereka cuma mau bangun tempat juwalan yang laku - kios dan tokonya ajah yang laku, dagangan mereka laku tidak mah bukan urusan developer toh.

Jadi, walau namanya lokasi di daerah elite tempo doeloe, Permata Hijau - beken sebagai lokasi perumahan elite yang termasuk pertama dibangun di Jakarta, ITC Permata Hijau ya sama ajah dengan ITC di lain-lain lokasi. Toko-toko juwalan kayak di Glodok, mesti tawar-tawaran dulu, jangan sampai ketipu kejeblos harganya kemahalan.

Juga anda mesti waspada ama para pedagang golek - golongan ekonomi lemah, yang mau tak mau mesti diistimewakan oleh pengembang disediakan tempat khusus bagi mereka, walau mereka cuma sedia satu lemari dua tanpa nama, juwalannya bisa apa ajah, dari racun tikus 'maker - mati kering' sampai minyak sereh yang cuma berupa parfum doang - aromanya sih sereh, tapi tidak ngefek apa-apa.

So, ada satu toko kamera digital yang kelihatannya saja mewah. Tapi gayanya tetep ajah ala Glodok. Pertama kali saya tanya batere kamera, dia tanya kameranya merek apa. Saya tunjukkan saja kamera dan baterenya. Canon, Ixus 85 IS. Baterenya NB-6L 3.7 V 1.000 mAh (Li Ion). Penjaga toko melihat daftar harga dari mapnya, lalu tanya mau pake garansi atau tidak. Tanpa garansi Rp 190 rebu, dengan garansi Rp 235 rebu. Berarti harga garansinya selama 6 bulan adalah 45 rebu.

Karena baru survey harga, saya cuma bilang terimakasih dulu. Gak tanya-tanya lebih lanjut takut mengecewakan si penjajanya toh. Saya cek di i-net, ada satu toko yang suka terima servis kamera, dan ada daftar harga untuk baterenya. Saya mungkin salah lihat, tapi kayaknya harga batere Canon di situ Rp 225 rebu, tapi tokonya ada di Gunung Sahari, jauh juga. Ditelepon ke toko itu, katanya sistem sedang down gak bisa cek harga dan stock.

Jadi besoknya saya ke toko yang di ITC itu lagi mau beli saja. Selisih harga 10 rebu cukup wajar untuk ongkos ke Gunung Sahari toh?

Tapi, ternyata mereknya bukan Canon. Katanya kalau Canon tidak bergaransi dan harganya gak mungkin segitu. Padahal kemarennya toh saya tunjukkan kamera dan batere yang saya punya. Juga, harganya ternyata berubah, bukan lagi 235 rebu tapi cuma Rp 190 rebu pake garansi, dan tanpa garansi cuma Rp 170 rebu, dijawab tanpa melihat daftar harga.

Langsung saja saya gak yakin lagi ama harga mereka, segera saja saya ngeloyor pergi.

Pas mesti ke Sunter, pulangnya saya sengaja mampir ke toko yang jual Canon. Ternyata saya salah baca, harganya Rp 369 rebu tapi stocknya kosong. Merek Canon dan benar tanpa garansi - sebab jarang rusak katanya. Masuk akal juga, jeh!

Jadi saya ke Pasar Baru, makan sup kambing (bening) dulu di dekat situ, baru ke pertokoannya. Toko-tokonya sudah banyak yang mulai tutup. Pas dekat eskalator, ada satu toko kamera besar - lupa nama tokonya. Saya tanya batere Canon seperti saya tanya ke toko di ITC Permata Hijau. Jawabnya sama, tidak jual yang asli Canon. Karena harganya mahal. Dia tawarkan merek ATT yang sama seperti dengan yang ditawarkan oleh toko di ITC.

Harganya? Rp 235 rebu. saya bilang mahal, orangnya bilang ndak semahal Canon yang asli. Tapi saya bilang, sama-sama gak asli, mereka jual mahal. Saya mau keluar dari toko, dia langsung menawarkan jadi Rp 190 rebu - jangan-jangan itu toko yang sama dengan yang di ITC ya? Saya cuma senyum ajah dan tetap berlalu mencari toko lain.

Di toko kedua, mereka menyebutnya dengan yang kompatibel - halusinasi dari 'tiruan'. mereknya sama juga ATTitude, buatan Taiwan katanya. Harganya Rp 185 rebu. Setelah ditawar-tawar, akhirnya deal dengan harga Rp 170 rebu. Mereka dengan sabar mengajari saya untuk charge dulu baterenya selama 4 jam, dan bagaimana nanti mengklaim garansi-nya kalau sebelum lewat 6 bulan ada kerusakan, yakni yang paling utama menunjukkan nota pembeliannya.

So, sudah benarkah cara saya beli batere ini ya?

IT'S WORLD TIME: