June 08, 2010

Copy Paste Tanpa Ijin - Bisa Ajah Bener, Jeh!

Copy paste yang dimaksud, tentu saja kegiatan membuat copy atas foto atau karya tulis, termasuk cerita dan resep oleh orang lain, tanpa ijin pemiliknya - mencuri, yang diambilnya dari media internet atau media lain, untuk keperluan pribadi orang tsb secara komersil dan menguntungkan diri sendiri, atau untuk berbanggaan: seolah itu karyanya, padahal mah boleh nyomot milik orang lain, jeh!

Sudah terjadi berkali-kali dan muncul lagi dan lagi. Gak bosan-bosannya mereka mencuri begitu. Bahkan mungkin justru yang di'curi', yang jadi kurban yang lama-lama menjadi bosan.

Tindakan pencegahan tentu mesti dilakukan, misal dengan membuat watermark yang cukup besar pada foto-foto yang hendak dipublikasikan di internet, dengan besaran file yang sekedarnya saja (sekitar 50 kb?), dalam format paling sederhana (.jpg?) Jadi kalau sampai mereka teuteup ngotot mau 'nyolong', mereka mesti berusaha dulu: menghapus watermark-nya, memperbesar fotonya, merubah format file-nya dulu.

Kata pepatah: bersatu kita kuat, bercerai kita runtuh. Kalau saja para kurban dan 'prospek' potensial kurban pencurian itu mau kompak, mungkin bisa menghadapi para pencuri dan 'prospek' pencuri. Caranya kompak? Nah ini yang masih mesti dicari.

Pertanyaannya: bisakah kompak ya?

Soalnya, yang ada, kayaknya sih ada semacam 'persaingan' di antara 'aktivis' yang suka memuat resep atau foto atau cerita di internet. Jadi, kalau sendiri bukan yang menjadi kurban, sukaan sih masa bodo ajah. Toh bukan gw yang jadi kurban. Apalagi kalau yang jadi kurban itu 'pesaing'nya, atau orang yang tidak disukainya, alih-alih simpati, bahkan mungkin disyukurinya pula. Rasain lu, makanya jangan nyebelin, jangan sok lu! Bagus tu pencuri, biar kapok dah, tahu rasa dah lu!

Jadi, mencuri itu bener atau salah? Ternyata tergantung bagaimana anda bersikap. Kalau anda menyebalkan, mungkin si pencuri itu justru dianggap pahlawan - sudah membalaskan sakit hati orang yang tidak menyukai anda. Bahkan mungkin mereka akan pro ke si pencuri itu. Bisa saja terjadi toh?

So, begitukah hidup di dunia maya ya?

IT'S WORLD TIME: