September 30, 2010

Manasin Mesin Mobil - Masih Perlu Tah?

Jalan pagi di KL - Kebayuran Lame, tempat saya mukim sekarang, tentu saja beda suasananya ama di BSD. Di KL rumah-rumah sudah padat, maksudnya ndak ada tanah kosong lagi seperti di BSD - setidaknya di kluster saya tinggal dulu.

Jadi, kalau jalan pagi, ya mesti murah senyum dan sapa sana-sini, banyak orang yang sudah pada mulai kegiatan paginya: supir-supir pada cuci mobil, tukang kebon dan asisten RT pada nyapu, tukang antar koran pating sliwer (heran juga, kenapa ada banyak tukang koran berbeda-beda untuk satu pemukiman ya?) dan hansip yang tetap siaga di ujung-ujung persimpangan jalan, sambil kongkow dengan sesama mereka sambil ngebulin asap rokok.

Padahal saya biasanya mulai jalan pukul 06:00 pagi.


Nah, supir-supir itu, sambil nyuci mobil, sambil memanaskan mesin mobilnya. Tentu saja udara jadi penuh asap gas buang dari mesin, entah bengsin atau solar, baunya ndak enak sama sekali, dan katanya polusi gitu is not good for your health, jeh!

Saya sih bukan pakar mesin mobil, cuma awam yang bisa naek dan setir ajah, bahkan kalau sampai mobil saya mogok di jalan, saya sih paling menghubungi sohib saya untuk bantu cek atau cari bengkel terdekat, saking awamnya. Tapi kayaknya saya pernah baca entah kapan di mana, katanya mesin mobil jaman sekarang sih gak perlu dipanasin lagi.

Saya jadi ingat ke jaman mesin mobil masih kudu dipanasin kalau pagi.

Setting waktunya tahun 1977-an, saya baru masuk Jakarta, belum dapat kerja. Saya numpang tinggal di rumah sepupu, anaknya koko sepupu mamah saya di kawasan Pulomas. Dia punya mobil VW kodok - favorit Bu Pres tuh katanya, jaman itu sudah mewah tuh ya. Pas suatu kali sepupu saya mau ke luar kota, jadi dia pesan saya untuk memanaskan mesin mobilnya tiap pagi.

Lima hari pertama, saya tunaikan tugas dengan baik dan benar.

Suatu kali saya mesti menginap di rumah keponakan saya yang di kota. Jaman itu transportasi masih sulit, karena kemalaman, jadi saya pikir besok pagi-pagi ajah saya balik ke Pulomas dan manasin mesin mobil-nya.

Paginya, keponakan ajak saya sarapan nasi uduk di Jalan Buni, dekat Jalan Blustru - samping Hotel Jayakarta itu. Tiba di Pulomas, agak siang, ternyata sepupu saya sudah ada di rumahnya. Katanya jadwal ke luar kota-nya dipercepat. Dan, yang pertama ditanyakan adalah mesin mobil sudah dipanasin belum?

Ya, jelas saja belum atuh, euy!

Wah.... akibatnya dia ngomel-ngomel, katanya dikasih tugas enteng begitu ajah kagak dilaksanakan. Padahal selama 5 hari ditinggal, tiap pagi ya saya panasin tu mesin. Baru sekali itu saya terlambat tiba, eh, jadi masalah.

Waktu saya baca berita ttg mesin mobil gak perlu dipanasin tiap pagi, saya senang sekali. Tapi, rupanya bos-bos pemilik mobil di lingkungan perumahan di KL tempat mukim saya sekarang, mestinya sih seangkatan aka sepantaran sepupu saya, makanya mereka masih berpikiran lama: merasa mesin mobil mesti dipanasin tiap pagi, jadi mereka tentu saja kasih instruksi begitu ke para supirnya ya.

Ya sudah, mesti lebih pagi lagi saya mulai jalannya ya.

Mau ikutan tah?






PS: Gambar di'pinjam' dari sini.

IT'S WORLD TIME: