September 14, 2010

Investasi Yang (Lebih) Untung - Uang!

Ternyata ada peluang lain selain saham dan benda seni, anda bisa berinvestasi jangka panjang dengan uang itu sendiri. Jadilah kolektor uang, istilah kerennya: numismatik.

Dibandingkan disimpan di bank dengan suku bunga tabungan yang hampir 0% - tergantung jumlahnya sih, dan deposito yang berkisar di 7% - sesuai batas yang dijamin pemerintah via LPS - Lembaga Penjamin Simpanan, maka mengoleksi uang sambil berinvestasi bisa sangat jauh lebih untung, jeh!

Bayangkan saja, uang Rp 100 bergambar kapal - di kalangan kolektor numismatik disebut Uang Kapal Layar, bertahun 1992 nilainya sekarang (setelah 18 tahun) naik 2.000% (dua ribu persen), aka bernilai Rp 2.000 - itu untuk yang versi biasa - dengan nomor seri berkombinasi 3 huruf, kalau anda kebetulan memiliki yang bernomor seri dengan tambahan satu atau 2 huruf, atau awalan huruf X (katanya seri pengganti, cuma diterbitkan untuk mengganti uang yang rusak dan mesti dimusnahkan - sangat jarang), maka nilainya akan lebih tinggi lagi.

Kalau dihitung dengan bunga bank yang rata-rata sekitar 10%, dalam kurun waktu selama 18 tahun, uang anda hanya akan menjadi sekitar 180% - katakanlah bunga berbunga, menjadi sekitar 250% - baru menjadi Rp 250 saja toh?

Contoh lain lagi, uang kertas seri Bung Karno bernilai Rp 25 (Dua puluh lima rupiah) terbitan tahun 1960, sekarang bernilai (sekitar) Rp 200.000 (Dua ratus ribu rupiah) - naiknya 8.000%!

Berapa tahun? Ya, benar 50 tahun - kembali kalau dihitung dengan tabungan di bank yang 50 tahun x 10% = 500% + bunga berbunga menjadi katakanlah 1.000% sekalipun, uang Rp 25 anda baru menjadi Rp 250 (Dua ratus lima puluh rupiah) saja.

Menguntungkan?

Benar sekali, makanya lebih baik anda investasi dalam bentuk uang itu sendiri, memang jangka waktunya lama, bahkan bisa lama sekali - yang bisa menikmati mungkin anak dan cucu anda.

Tapi, namanya juga investasi - bisa jangka panjang, menengah atau pun panjang dan panjang sekali atuh, euy!

Dan, o, ya, jangan berpikir kalau uang kuno berarti anda boleh menyimpan uang yang lusuh, terlipat-lipat dan sudah dipakai, seperti anda menyimpan barang antik - makin tua, makin otentik, makin mahal harganya.

Uang yang anda simpan untuk koleksi dan investasi, mestilah uang yang masih baru - belum pernah dipakai, tapi mesti yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Istilah dalam numismatik adalah UNC - UN-Circulated, kayak baru keluar dari percetakan, masih kinyis-kinyis, gres, ke empat sudutnya masih lancip, rata, utuh, tidak pernah terlipat, atau ternoda barang sedikit pun jua!

Kalau mau tahu lebih lanjut, sila klik di sini.

Selamat mengoleksi uang!

IT'S WORLD TIME: