February 14, 2011

Sambel Delan Aneka Guna, Euy!

Kemaren dulu rada banget, saya nemu buku resep Aneka Sambel Nusantara, isinya ya tentu sajah aneka resep untuk membikin sambel dari berbagai daerah di Nusantara, walau tentu tidak mewakili semuanya, tapi lumayanlah.

Ada sambel rujak, sambel bajak, sambel terasi......

SAMBEL DELAN

Saya jadi inga sambel delan buatan alm. nenek saya. Nenek saya orang udik, asli daerah Luragung, Kuningan, Jabar, deket kali Cisanggarung(?), buta huruf, namun bisa membedakan nilai nominal uang, tidak peduli seri uang berganti-ganti.

Delan itu bahasa Sunda di kawasan Kuningan situ (agak berbeda dengan Sunda sekitar Parahiangan-Bandung). juga Banten(?) dan Lampung(?) yang artinya adalah tak lain.... terasi!

Nenek saya kalau bikin sambel delan lebih suka dadak nguleg. Pake cobek yang agak besar, ulegan juga besar, dan begitu jadi, langsung ajah sroooggg.... diletakkan di atas meja makan, pas di tengah-tengah meja bunder sebagai 'center piece' hidangan maksibar kami sekeluarga tiga generasi.

Bahannya sederhana ajah: cabe merah, cabe rawit, gula Jawa, garem, dan... delan, tentu!

Hasil ulegan sambel buatan nenek saya agak kasar, jaman itu belum ada blender toh! Juga tidak digoreng seperti sambel untuk ayam goreng Kalasan itu. Walau kadang nenek suka menambahkan sedikit minyak lentik jelantah, bekas goreng ikan asin ke dalam ramuan sambel delan-nya.

SAMBEL COCOLAN

Sambelnya sih mestinya sih biasa ajah, tapi yang unik itu adalah makanan yang dicocolkannya itu, jeh!

Kalau pas makan dengan nasi, paling juga lalapan kulub (rebusan/kukusan) aneka sayur seperti kacang panjang, kol, bonteng aka timun, kangkung, dan...... peteuy, uey!

Tapi dua alm. kakek saya abang-adek (engkong dan twa-pek-kong) suka iseng pas tea-time sore hari, roti sumbu (singkong rebus) sukaan dicocolkeun ka sambel sisa makan siang yang gak habis hendak dibuang sayang.

Dan tentu saja si incu-na (cucu) yang deket ama mereka (= saya) pun sukalah ikut-ikutan kerana dikasih teladan ama generasi tua aka lo-cianpwee, nyocol singkong rebus berikut kulitnya itu dengan sambel, dan.... eh, ternyata memang enak juga, jeh!

SAMBEL ANTISEPTIK

Kakek saya tukang kayu otodidak, jadi halaman rumahnya dibikin jadi bengkel tukang kayu, membuat aneka perabotan rumah.

Kalau pas libur, saya suka ikut-ikutan bantu kakek untuk sekedar menggergaji atau mengebor papan. Ceritanya mau alih teknologi, meneruskan tradisi menjadi tukang kayu seperti nenek moyang kami sejak djeman dahoeloe kala pisyan.

Suatu kali, bor kayu yang model rebab itu terpeleset, sementara kaki saya 'memegang' papan yang mau dibor, maka nancaplah dengan enteng dan tak berkedip sebelah mata pun itu si mata bor di kaki saya deket jempol.

Sakitnya bukan alang kepalang sudah barang tamtu.... nenek di dapur mendengar jeritan saya, pas beliau baru selesai nguleg sambel delan-nya. Maka buru-buru nenek keluar, sambil masih bawa ulegan penuh belepotan sambel.....

Melihat saya kesakitan, nenek mengomeli kakek sebab tidak hati-hati mengawasi incu kesayangannya yang main bor. Tanpa pikir panjang, luka saya diborehinya dengan...... sambel delan!

Wadaoooo...daooo....daoooo...... (echo mode on), perihnya tentu saja tak terperihkan rasane, bo! Tapi, ajaibnya, luka itu tidak lama langsung sembuh, jeh!

Eh, ternyata capsaicin dalam capsicum yang terkandung dalam cabe memang bersifat antiseptik tuh, euy!

CIKAL BAKAL PENYET

Kakek saya juga gemar memancing, kalau pas hari Minggu saya suka diajak ke pelabuhan Cirebon, mancing di sana. Yang suka didapat paling juga ikan sembilang (masih berkerabat bersodara ama lele, tapi entah mengapa sukanya hidup di laut). Hasil tangkapan ikan sembilang ini, lantas digaremi dan diladai, digoreng oleh nenek, dan diuleg sekalian ajah, biar praktis, di..... cobek berisi sambel delan.

Mungkin inilah cikal bakal dari pecel (pecak) lele ya? Siapa tahu toh? Jaman itu toh belum ada peternakan besar-besaran mengembang-biakkan lele-lele dumbo ning kontet, jeh!

Ditaruh di tengah meja, nasinya nasi dari beras merah, masih mengepul uapnya, sayurnya sambel godhog + rebung, ikannya dicubit rame-rame, lalapnya peteuy beuleum dibubui, wah, sungguh syoor nian, bo!

IMPROVISASI

Kemaren itu, pas di kulkas ada tersisa beberapa keping roti tawar, sore-sore sehabis turun hujan gede saya merasa agak lapar. Saya bakar ajah tu roti pake oven toaster. Eh, tapi koq ndak ada temennya, jam sudah habis, keju belum beli..

Yang ada juga cuma sepiring kecil sambel terasi di meja. Saya jadi iseng menyobek secuil roti, dicocolkan ke sambel, dan dimakanlah....Eh, ternyata enak juga tuh!

Gak percaya? Coba ajah dah! :D)










PS-1: Copy paste dari posting saya di milis sebelah, Sabtu, 9 Juni 2007, pukul 22:18 WIB.

PS-2: Foto adalah sambel 'ganja' dari RMA - Rumah Makan Aceh "Selera Kita", Jl. Ir. H.Juanda 1, Statsiun KA Juanda, Jakarta Pusat.

IT'S WORLD TIME: