January 23, 2011

A Dash or Two of Kicap Maggi Full of Sweet Memory - Nostalgia Si Dede.

Kicap Maggi benernya sih bukan kicap sebagaimana kicap yang anda kenal - untuk masak. Tapi ini kicap meja untuk penambah sedap masakan yang sudah jadi. benernya juga bukan kicap sih, mereka memposisikannya sebagai penyedap - seasoning. Percaya gak - mereka mulai bikin sejak tahun 1872 tuh! Rasanya asin, aromanya khas Maggi, sedap, kemasannya botol kecil saja - hanya barang sekecrot dua saja dah cukup membuat masakan anda jadi makin sedap-mantap, jeh!

Kemarennya si Dede liburan akhir tahun, dia baru tahu ada sebotol kecil mungil isi 100 cc kicap Maggi di meja makan kami. Begitu tahu, dia antusias sekali.

Pas mamah-nya masak lontong sayur dengan beberapa butir telur rebus. Jadi, selesai makan, si Dede minta satu butir telur rebus, dikupasnya kulitnya, lalu tarok di mangkuk stainless, dan disiram kicap Maggi beberapa kecrotan. Dia ambil sendok, dibelahnya telur rebus itu, lalu disiram-siramkannya kicap Maggi ke kuning telurnya, baru dia kerat dan nikmati sesendok demi sesendok sambil menonton TV....sedapnyaaa, oiiii!

Rupanya itu telur rebus bersiram kicap Maggi, merupakan extra fooding bagi si Dede ketika awal-awal bersekolah di Singapore.

Waktu itu, 2002, dia dapat beasiswa mulai dari Sec-2, di CGS -Crescent Girls School, kalau gak salah setingkat kelas 2 SMP. Padahal di Jakarta dia baru ajah naik kelas 3 SMP BHK, Jelambar, Jakarta. Turun setingkat di sana.

Waktu itu, ekonomi kami sedang merosot. Jadi tak banyak uang saku yang bisa kami berikan. Lebih banyak dia mengandalkan uang saku dari pemberi beasiswa yang pas-pasan saja, sekitar SGD 200 per bulan, SGD 2.000 per tahun.

Sekarang agak lumayan ekonomi kami, tapi si Dede dapat uang sakunya SGD 500 (SGD 5.000 per tahun) plus mulai bulan ini dapat SGD 1.200 per bulan, karena magang selama 1 semester. Mayan banget tuh ya.

Makanya waktu itu dia mesti berimprovisasi mencari cemilan sendiri. Kebetulan di kantin asramanya disediakan banyak telur rebus setiap hari, juga Milo free flow. Dan, di meja makan kantin disediakan kicap Maggi dalam botol kecil-kecil - banyak.

Jadi rupanya dia suka mencomot sebutir dua telur ayam rebus di pagi hari selesai sarapan, lalu ditarok di lunch box sebagai cadangan bekal makan siang, dan sebotol kecil kicap Maggi dari meja kantin, dan termos air diisi dengan Milo dingin kesukaannya, untuk dimakan ketika istirahat di sekolahnya.

Kalau siangnya tidak habis dimakan tuh telur, dia cadangkan untuk malam-malam kalau pas lapar. Dan selalu dikecroti pakai kicap Maggi, satu-satunya pilihan kicap yang disediakan di meja kantinnya. Mereka gak kenal kecap manis sebagaimana kita di mari tuh, jeh!

Kicap Maggi juga enak dikecrotkan di atas telur ayam ceplok, atau dadar, kecroti sesaat setelah diangkat dari penggorengan, jangan ikut digoreng karena aromanya akan menguap sirna ke udara. Apapun telurnya, memang enak dikecroti kicap Maggi barang sekecrot-dua tuh, euy!

Anda suka juga?

IT'S WORLD TIME: