February 06, 2012

:: ASAL-MUASAL LONTONG CAPGOMEH ::



Nah, sambil menunggu versi cerita dari para pakar pelestari budaya, ini ada versi cerita ttg asal-muasal Lontong Capgomeh dari nara sumber yang ogah disebut namanya, dan kebenarannya terserah penilaian masing-masing ajah dah yah...

Alkisah, di suatu desa kecil di tepi sungai Cisanggarung, ada seorang Tenglang tuan tanah yang biasa open house kalau pas Imlekan. Namanya juga tuan tanah, tentu saja open house itu ya gak cuma pentang pintu rumahnya lebar-olebar, tentu saja sedia aneka tiam-phan (manisan) rupa-rupi, buah-buahan, dan aneka rupa-rupi masakan dari babai. Pokok-na mah, anything but babai, jeh!

Maklumlah si tuan tanah masih bersodara ama seorang peternak babai di desa tetangga, jadi tentu saja si sohib sudah sediaken delapan ekor babai (ingat angka hokkie: 8) yang sengaja selama setahun gak disuruh ngapa-ngapain cuma buat macekin para betina dan makan-tidur-goleran sajah - supaya gemuk dan berlapis-lapis samcwan-nya tebel-mebel, menunggu Imlek untuk disembelih bareng-bareng dijadikan aneka masakan buat menjamu para leluhur waktu sembahyang maleman ce-iet, sekalian pun menjamu tetamu open house sang tuan tanah yang baik hati, tidak sombong dan bijak bestari ini.

Tentu saja ada ayam opor - pengaruh kearifan budaya lokal tempatan sebagai suatu bentuk akulturasi, ayam goreng mentega, burung dara goreng, ikan bandeng dipindang, sampan (gurameh) masak cengcuan, dan semuanyah - sesuai alam hidup para hewan ini: darat, air, dan udara. Sesuai dengan motto Tenglang: apapun yang berkaki empat, kecuali meja, dan apa pun yang terbang, kecuali pesawat -kudu dimakan. Ja-im dikitlah juga, masak tuan tanah gak royal sedia makanan, pan cuma setahun sekali ajah - sekalian bagi-bagi rejeki kepada para tetangganya yang jadi peternak hayam, burung, petambak ikan, yang mungkin masih hidup di bawah garis kemiskinan toh?

Ada babai hong (khew-nyuk), chasio merah-putih, atau pun babai kecap masak pete sebagai cara ikut sumbangsih dalam proses akulturasi budaya, sambil pula membantu masyarakat sekitar petani gurem yang menanam peuteuy, euy!

Hari ke-7 mereka sembahyang, gak lupa pake sesayuran 7 rupa sesuai petunjuk primbon dari kakek-moyang ttg hal itu, kerana deket sungai, salad 7 rupa sayur dari hasil kebun-nya sendiri si tuan tanah ditambahi ikan, diseseti tipis-tipis, jadi kayak fish fillet. Belum juga nyonyah-nya keburu masak, tetamu dah pada dateng, ya sudah disajikan ajah mentah-mentah, pake saus jeruk nipis yang banyak tumbuh di kebun belakang, ditambah gula dan dimasak - jadi kayak saus lemon cui ala Ponti gitu-lah. Lalu diaduk-aduk ajah bareng-bareng, biar seru, ya sambil diabur-aburken ke atas sambil teriak-teriak saking gembiranya masih bisa pada kumpul makan bareng arme-rame toh?

Nah, dua pekan (dulu sih sepekan cuma 5 hari, tapi belakangan koq jadi 7 hari, akhir pekan = sabtu dan Minggu, tambahan 2 hari buat bonus?) aka 14 hari makan-minum di rumah tuan tanah, masakannya serba berbabai, tentu saja orang jadi pada bosyen-mosyen atuh ya?

Pas pada hari ke-15, ce-it cap-go, mesti sembahyang.

Tetamu handai tolan, kerabat relasi pada dateng. Nyonyah lupa belum masak, sementara masakan berbabai left over sudah pada habis, cuma sisa opor ayam, dan tetamu pun pada bosyen makan babai-babaian terus. Kebetulan ada tukang lontong sayur lewat, ya dipanggil ajah buat ngeganjel perut kosong, lengkap sudah lontong + lodeh labu dan telur. Kebetulan di dapur asisten rumah tangga masak sambel goreng udang pake pete, ya sudah disajikan bareng, dicampur ama tuh lontong sayur yang sudah pake opor.

Eh, iseng si nyonyah tuan tanah lihat ada bubuk kedele di toples, entah sisa bikin kuwih apa lupa lagi, biar tambah gurih, ya ditaroklah tu bubuk dele, sebagai topping dan finishing touch.

Waktu ditanya ama tetamunya, yang pada kenikmatan makan tu menu saking dah pada kelaparan lama nunggunya, apa nama menu itu - dengan spontan ajah si nyonyah tuan tanah bilang: Lontong Capgomeh - yang keingatan sesuai kalender harian berangka 'cap go' (15) sih tuh.

Sejak saat itulah mereka yang pada ikut makan di situ, meneruskan tradisi makan Lontong Capgomeh pada ce-it cap-go kepada anak-cucu-mantu-cicit-buyutnya yang kemudian tersebar ke seluruh P. Jawa, jeh!


***PS: Kalau gak percaya dan anggap cerita ini salah, sila disanggah dan ceritakan versinya sendiri ya - bebas ajah-lah...***

IT'S WORLD TIME: