November 20, 2010

Sapa (Suruh) Mau Jadi Babu?

DISCLAIMER: Walau mungkin posting saya kali ini 'berbeda', saya sih teuteup ikut prihatin kalau mendengar kabar buruk ttg nasib TKI yang merantau di tanah orang, dianiaya, dilecehkan, diperkosa, bahkan dibunuh!



Jangan esmosi dan marah dulu, kalau sudah kadung baca judul, baca juga isinya ya.

Karena sudah sering terjadi, mestinya sih, secara teori komunikasi massa ini bukan berita (menarik) lagi - hampir bisa dikatakan berita basi, saking berulang-ulang terjadi lagi, dan lagi.....

Berita di media (lagi-lagi) yang sedang menghangat adalah perlakuan buruk yang diterima TKI di manca negara, kali ini di Arab Saudi(?), setelah beberapa waktu lalu terjadi juga di Malaysia dan Singapura.

Bahkan RI-1 dan RI-2,
Jumat siang, kabarnya sampai-sampai mendadak menggelar rapat kabinet terbatas bersama para menteri koordinator membahas permasalahan TKI di Kantor RI-1 kita tercinta. Baca beritanya di sini. Yang gak terdengar berita buruknya kayaknya baru di Hongkong dan Macau - kabarnya cukup banyak juga TKI di sana tuh, jeh!

Kalau menyebut TKI, biasanya bayangan kita mestilah ke... sorry, apalagi kalau bukan......... babu!

Anda boleh protes bahwa sebutan itu kasar, karena banyak pakar ahli bahasa sudah memberi kata pengganti yang dibuat halusinasi (penghalusan) yang nampaknya cuma sebatas angan-angan halusinansi - bayangan dalam pikiran saja: pramusiwi, pembantu rumah tangga, asisten rumah tangga dan entah basa canggih apa lagi yang beredar diam-diam dan memaksakan kehendak untuk supaya harus kudu mesti diterima!

Tapi, tetap saja mereka diperlakukan sebagaimana nenek moyang mereka dulu: babu!

Karena hanyalah cuma sekedar babu, sudah kadung konotasinya bak budak belian, maka sudahlah menjadi suratan nasib mereka (boleh?) diperlakukan semena-mena oleh majikannya.

Majikannya?

Ya. Karena mereka adalah babu, maka mereka sudah diperlakukan bagai budak belian, sapi perahan sejak awal mereka hendak mendaftarkan diri. Kabarnya, mereka mesti bayar sejumlah uang yang besar, kepada para 'calo'nya untuk mendapatkan posisi 'basah' dalam arti harafiah di dapur dan tempat cuci baju. Calo yang partikelir, tanpa nama, punya jaringan mayan canggih, atau pun resmi mengantungi ijin resmi dari pemerintah.

Lihat saja perlakuan petugas yang terkait dalam hal perbabuan ini, baik babu domestik maupun babu terbang. Mulai dari cara jemput bola perantara yang mendatangi rumah-rumah di kampung dan desa nun jauh di udik sono - dengan iming-iming janji yang muluk-muluk, lalu mengirim mereka bak paket titipan kargo, menampung mereka di 'gudang' penampungan, memotong upah mereka sebagai 'ganti transpor' dan akomodasi sebelum mendapatkan majikan. Belum lagi pungutan resmi-tak-resmi di bandara, penjemput 'resmi' berdiploma, yang memotong habis-habisan upah mereka yang ditabung di luar negeri.

Nah, kalau 'saudara' setanah air saja sudah begitu teganya memperlakukan mereka sebagai babu ala budak belian dan sapi perahan, jangan heran kalau para majikannya meneladani sikap mereka toh?

Belum lagi, kebanyakan babu itu rela mandah mau jadi babu karena terpaksa, tekanan himpitan ekonomi, jadi lebih sering tanpa bekal pendidikan dan keterampilan yang cukup untuk menjadi babu profesional. Mana ada sih orang yang ketika kecil ditanya cita-citanya mau jadi apa - jawabnya jadi babu toh? Belum lagi bicara ttg kesiapan mental mereka untuk bekerja di tanah rantau nun di seberang lautan.

Majikan yang kesal, sudah membayar mahal untuk mendapatkan babu, membayangkan mendapat babu yang terampil, meringankan pekerjaan rumah tangga, ternyata jauh panggang dari api - tentu saja membuat mereka kecewa berat. Salah sendiri, kenapa juga mengharap ya?

Jangan mengharap semua majikan bersikap santun, mengembalikan babu salah kirim secara baik-baik dan write off biaya yang sudah dikeluarkan.
Namanya orang kecewa, tentu saja sikapnya berbeda-beda namun satu tujuan jua: membebaskan rasa dongkolnya!

Belum lagi kalau menghadapi babu yang suka berpanjang tangan, entah cuma sekedar ikut menyomot makanan atau barang berharga yang tergeletak di meja - karena memang belum disiapkan secara mentalnya. Dan, sorry, mungkin saja ada juga babu yang termakan cerita dongeng cinderella berharap 'naik ranjang' jadi menantu atau pun ratu, jadi lantas mengeluarkan jurus memikat anak sang majikan, atau bahkan majikannya sendiri?

Kita semua cuma mendapat cerita dari satu sisi, tanpa bisa mendapatkan cerita versi para majikan toh?

Kalau saja anda mau merenung sejenak, membandingkan dengan keadaan 'babu' di rumah anda masing-masing, mestilah anda akan berpikir seperti saya juga: tidak semua babu itu bak malaikat yang ideal toh?

Buat media, berita babu dianiaya, tewas, dilecehkan, diperkosa, diseterika, gantung diri, mestinya jauh lebih 'menjual' (iklan maupun medianya sendiri) daripada cerita sukses beberapa babu di Hongkong atau Macau karena mereka membekali diri dengan keterampilan yang cukup dan pendidikan yang memadai dan sikap mental yang profesional - ada banyak yang punya akun MP dan blog tuh, jeh!

Mestinya, kalau memang jadi babu di negeri orang tidak enak, ya jangan ekspor babu atuh, euy! TKI itu 'kan kepanjangannya Tenaga Kerja Indonesia, emang yang dimaksud tenaga kerja itu cuma babu doang tah?

Jadi, sapa suruh datang Jakarta, eh, mau jadi babu ya?









PS: gambar dipinjam dari MS Office ClipArt media file.

November 17, 2010

Ibu Yang Bijak vs Ibu Yang Cerdas?

Jaman orang masih milih mantu dengan syarat mesti bisa macak (dandan), masak dan njahit, mesin jahit masih engkol tangan, kemudian beralih ke tenaga kaki (ada pedal di bagian bawah yang dialasi lempengan besi untuk tarok kaki) dan motor, mesin jahit mayan populer di kalangan ibu-ibu Indonesia.

Satu produsen mesin jahit merek terkenal berjudul 'penyanyi' (basa Inggris) - agak aneh juga sih: apa hubungannya antara 'penyanyi dengan mesin jahit tuh, kalau gak salah pernah bertahun-tahun menggunakan tag line iklan-nya berbunyi: Ibu Yang Bijaksana Pasti Memilih Mesin Ini, jeh!

Lalu, karena dirasa memang bagus dan tepat sasaran sekali, tag line iklan itu banyak dijadikan teladan dan ditiru dengan versi berbeda-beda, namun satu tujuan jua: Ibu Yang Bijak Pilih Merek Ini - banyak sekali produk konsumtip yang terutama menyasar ibu-ibu memakai tag line ini, termasuk detergent top waktu itu.

Sekarang, muncul tagline baru, dengan menyasar khalayak pasar (target market) yang sama - para ibu nan bijak bestari itu, dengan sebutan yang lebih moderen dan trendy lagi: Ibu Yang Cerdik atau Ibu Yang Cerdas -
terjemahan langsung untuk 'smart', jadi 'cerdik' atau 'cerdas' - padahal dulu mah cuma sang kancil dalam dongeng doang yang cerdik cendekia ya?

Jadi, kalau anda adalah 'ibu yang cerdik', smart mother, atau orangtua cerdas - smart parents, entah memang (merasa) smart atau ingin disebut smart, maka sebaiknyalah anda mengikuti 'arahan' para produsen yang beriklan dengan memakai tagline begitu. Belilah produk merek mereka itu ya. Termasuk kampanye penggunaan, eh, pemakaian produk swasembada - ASI. Sebab katanya cuma smart mother yang mau menyusui sendiri anak-anaknya, gak mau mengandalkan pada 'tin mother' aka ibu kaleng aka sufor - susu formula. Kalau anda tidak ikutan trend ini, maka anda bukanlah ibu yang smart tuh,jeh!

Mau-kah anda disebut 'ndak smart' gitu?

Hehehe...... memang bener-bener hebat tu tag line buatan copywriter aka penulis naskah ya, sebenernyalah mereka itulah yang bener-bener smart!

Pengaruhnya begitu dominan kepada para ibu kita. Sehingga banyak juga ibu kita yang yah..... manut ajah, mandah mau dipengaruhi iklan mereka. Sampai-sampai ada juga ibu-ibu yang merasa begitu inferior, minder, kalau gak memakai produk merek tsb. dan takut dianggap 'tidak bijaksana', 'tidak cerdik', 'tidak cerdas' sesuai trend di kalangan ibu-ibu di lingkungan mereka - entah di sekolah, arisan RT/RW, kantor atau di mana saja......

Jadi, anda termasuk mana: smart mother or wise guy, eh, wise mother nih?








PS-1: Gambar dipinjam dari MS Office ClipArt media file.
PS-2: Ini bonus cerita ttg "Ibu Yang Bijaksana".

November 10, 2010

Burung Aneh.

sudah sebulan ini kalau malem ada burung 'culik-culik...' yang selalu bersuara terus sepanjang malam sampai pagi, katanya itu pertanda kurang baik.

Tadi pulang sore sekitar pukul 15:00-an, di ujung jalan masuk ke rumah, pas di sudut (hoek) itu rumah seorang tokoh senior ramai sekali, ada ambulans segala - sementara di ujung jalan besar dekat Hero kayaknya ada bendera kuning.

Tapi, koq gak ada beritanya ya di media?

November 05, 2010

Sayang Perut or Sayang Makanan?

Orangtua jaman dulu, suka bilang jangan boros dan men-sia-sia-kan makanan di piring, khususnya nasi. Juga hargai petani yang sudah bersusah payah menanam padi untuk dibuat jadi beras dan kemudian jadi nasi bagi kita. Yang pada intinta sih, kalau sudah tarok nasi + lauk-pauk di piring anda, anda mestilah menghabiskan makanan tsb., tak bersisa, walau sekedar cuma hanyalah sebutir doang nasinya, jeh!

Mungkin anda pernah dengar juga bahwa sang nasi akan menangis kalau anda tidak habiskan mereka yang sudah terlanjur anda tarok di piring - ini juga trik orangtua untuk membiasakan kita menghabiskan makanan yang sudah ada di piring kita.

Benarkah 'prinsip' orangtua kita begitu?

Ada benernya. Karena anjuran seperti itu mendidik kita untuk tidak boros, tidak membuat sesuatu sia-sia. Kalau memang tidak bisa menghabiskan sepiring munjung nasi-nya, ya sejak semulajadi jangan ambil banyak-banyak nasi-nya dong ya.

Bagaimana kalau sudah terlanjur ada di piring? Ya, jangan dipaksakan atuh, euy!

Saya baru sadar akan hal ini, ketika pernah suatu kali anak saya yang perempuan bilang: sayang perut atau sayang nasi, ketika dia ditegur soal nasinya yang masih bersisa di piring ketika kami makan di satu resto - biasanya nasi sudah ditarok seporsi, bukan atas permintaan kita.

Benar. Kalau sudah 'kenyang', tentu tidak apa-apa kita menyisakan makanan - dengan sangat terpaksa. Daripada asupan makanan tsb menjadi 'ganjelan' bagi tubuh kita, perut kita. Mestinya lebih sayang perut (dan tubuh) kita dari sesuap dua nasi yang tidak lagi bisa kita habiskan toh?

Lagipula, terlalu banyak karbohidrat (kandungan utama nasi) ternyata sekarang terbukti tak biuk juga bagi tubuh kita. Terlebih lagi bagi para diabetasi aka penyandang diabetes.

Dan, kemudian lagi, diet sehat bagi sesiapa saja katanya juga menganjurkan untuk mengurangi asupan karbohidrat - tidak melulu nasi, tapi juga sumber karbohidrat lain seperti roti tawar putih, ubi-ubian dengan GI (Glicemic Index) tinggi, juga... gula!


Akan halnya bagi para diabetasi, ada juga yang lantas begitu 'phobia'nya ama karbohidrat, tapi tidak bisa makan tanpa nasi, sampai-sampai memaksakan diri berdiet makan nasi dengan aneka nasi yang susah dicari - beras basmati, misalnya.

Sebenernya sih, para diabetasi itu tetap saja memerlukan karbohidrat untuk tubuhnya. Hanya saja, karena ada 'gangguan teknis' yang menyebabkan tubuhnya tidak bisa mengontrol kadar gula darah, maka mesti dibantu dengan cara mengontrol asupan karbohidrat-nya. Bukan berarti lantas tidak makan nasi sama sekali, toh bisa saja anda makan lontong, ketupat sebagai gantinya - eh, sama ajah ya?

So, mari sayangi perut dan makanan kita, jeh!

November 02, 2010

Nostalgila - Menikmati Merapi Ketemu Kuncen(?)

Merapi meledug (lagi), wedhus gembel-nya kali ini makan kurban (lagi), bahkan kuncen-nya ikut di'kurban'kan. Peringatan dari petugas bagian pemantau gunung berapi nampaknya 'kalah wibawa' dibanding arahan sang kuncen, jadi kurban jiwa tak terelakkan lagi.

Relatip jumlah kurban-nya sih 'kecil' (36 jiwa) dibanding kurban tsunami di Mentawai (250-an), tapi, jiwa manusia bukanlah cuma sekedar angka toh? Belum lagi 250-an sapi perah yang konon kreditnya belum lunas ikut jadi kurban sia-sia, dan 3.000 ekor lagi menunggu ajal karena tidak ada makanan di atas sana.


Saya ndak tahu persis, apakah memang penduduk sudah mengabaikan peringatan dini dari pengawas (apa sih nama resminya ya?) yang rutin memantau dan sudah kasih kode: waspada, siaga, awas - disesuaikan dengan tingkat bahayanya, atau mereka tidak memahami maksud kode-kode tsb., atau memang mereka lebih manut dan percaya kepada sang kuncen?

Pokoknya, kalau sang kuncen masih bertahan di deket puncak-nya, dianggapnya aman-aman saja, sang Merapi tidak akan 'memakan' anak-anaknya sendiri, walau 'batuk-batuk'nya makin kenceng dan keras bergemuruh suaranya, diiringi uap panas yang dilunakkan oleh sebutan 'wedhus gembel' yang terkesang jinak-jinak merpati sangat. Coba ajah, wedhus = domba tak berdosa, tak ganas dan cumalah herbivora, dibanding macan lapar, misalnya, jeh!

Jangan-jangan, pemakaian bahasa yang dibuat halusinasi (perhalusan) itulah yang bikin 'misleading' penduduk, mereka merasa akrab dan dekat dengan sang Merapi - sang gunung cuma 'batuk'batuk' dan mengeluarkan 'wedhus gembe' yang tidak berbahaya samsek, sehingga ndak mungkin Merapi mau dan rela dan tega 'memakan' mereka dong!

Saya jadi ingat jaman kuliah dulu.

Pernah saya diajak bolos oleh 'dosen' boso Jowo saya. Di suatu pagi yang cerah, udara mayan sejuk di musim hujan yang masih teratur dulu itu, saya diajak naek angkutan bus ke Kaliurang, lalu diajak terus jalan menuju lereng Merapi.

Sambil jalan, sambil belajar boso Jowo. Jalan-jalan terus, ditimpa udara yang makin sejuk, ndak terasa tibalah kami di 'pelawangan' (dalam bsa urang Sunda: pengilon) - tempat di deket puncak Merapi untuk memandang ke arah puncaknya. Deket-nya tentu saja relatip, dibanding dengan jarak Jakarta-Yogyakarta, tentu saja 'spot' pelawangan itu sudah deket atuh, euy!

Tempat itu agak terbuka, mengarah langsung ke puncak gunung. Ada pepohonan cukup rimbun untuk kami duduk-duduk berteduh, sambil belajar bareng dan maksibar tentu, walau jaman itu belum musim istilah 'maksibar' (makan siang bareng), tapi ya pas jam makan siang, pas kami laper, ya makan siang bareng - bekel nasi gudeg bungkus godong gedang yang dibawa dari bawah.

Waktu asyik-asyiknya kami maksibar, nasi gudeg pake gending ayam dan telur pindang dan sambel goreng krecek - dengan cengek layu termasak warna merah-kuning-ijo yang gemuk, di bawah rerimbunan pohon, deket semak-semak di tepi jurang yang cukup landai, sunyi-sepi ditemani semilirnya angin gunung yang sejuk, cuma kami berdua saja, tiba-tiba saja, tanpa kami ketahui dari mana datangnya, muncullah seorang kakek tua (tentu, mana ada kakek muda toh?) yang agak kurus, berpeci, ning masih cukup sehat dan gagah jalannya, menyapa kami, dalam boso Jowo, tentu!

Dosen saya yang asli Yogya lantas berboso Jowo yang halus dengan sang kakek, entah apa yang dibicarakan. Yang jelas, rupanya dosen saya menawarkan maksibar - jadilah 2 porsi gudeg kami makan bertiga.

Selesai makan dan minum (bawa botol air, belum musim ADK - Air Dalam Kemasan), sang kakek pamit untuk meneruskan 'tugas'nya, katanya. Dan, seperti juga waktu datangnya tidak diketahui dari mana, begitu pun ketika beliau berlalu - begitu saja ndak tahu ke arah mana. Menghilang begitu saja, tanpa jejak, tanpa suara.

Dosen saya bilang, beliau adalah 'penjaga' atawa sang kuncen gunung tsb. Saya ndak tahu persis siapa nama beliau, sebab dosen saya juga belum sempat bertanya, dan beliau makan cuma sekepal dua saja nasi gudeg yang kami berikan.

Baguslah waktu itu sang Merapi ndak sedang batuk-batuk ya?

IT'S WORLD TIME: